Kumpulan Tips Rafting Di Sungai Elo Magelang

Rafting Sungai Elo – Bagi pecinta wisata air, tentunya tidak akan melewatkan suasan dan hal menarik yang bisa dilakukan di Magelang. Salah satunya adalah mencoba melakukan rafting di sungai Elo. Namun melakukan rafting bukanlah hal yang menyenangkan jika anda takut dan gelisah akan adnaya masalah terutama tenggelam. Bagi pemula, tentunya ini adalah salah satu ketahukan umum yang sering menghampiri. Namun tenang saja, kami memiliki beragam tips rafting sungai Elo yang bisa menjadi pedoman dan panduan anda untuk tetap menikmati liburan dan melakukan wisata air yang menyenangkan tersebut. Apabila kamu ingin paket wisata jogja yang menguji andrenalin rafting sungai elo ini sangat cocok, sebelum melakukan rafting coba baca tipsnya berikut.

Tips Rafting Di Sungai Elo Magelang

1. Gunakan Tabir Surya

Bawa jenis tabir surya yang biasa anda gunakan. Bahkan jika matahari tidak terlalu terik dibalik di awan di pagi hari, mungkin nantinya akan menjadi lebih terik dan melakukan persiapan adalah hal yang terbaik. Dan bahkan ketika tidak terlalu terik dan panas, sinar matahari masih bisa membakar kulit Anda jika Anda keluar untuk seharian berarung jeram dan menikmati suasana sungai Elo tersebut.

Rafting Di Sungai Elo Magelang
Rafting Di Sungai Elo Magelang

2. Bersiaplah di Rakit

Kecuali Anda sedang mencari cara untuk berenang, maka anda harus tetap bersiap dan membiasakan diri anda dengan perahu tersebut. Anda akan memiliki 3 titik keseimbangan utama, yaitu:

  • Kaki : jaga agar kaki depan Anda terselip ringan di bawah tabung udara di depan Anda, atau di pegangan kaki jika Anda berada di depan rakit. Tapi jangan mendorong kaki terlalu jauh, karena jika Anda terjatuh, Anda tidak ingin kaki Anda terperangkap nantinya bukan?
  • Duduk: Tetap di pelek luar perahu untuk keseimbangan terbaik, kecuali pemandu Anda menginstruksikan Anda untuk turun.
  • Dayung : Percaya atau tidak, tempelkan dayung Anda di dalam air akan memberikan titik tambahan untuk menetralkan keseimbangan. Jadi ketika ombak bertambah keras, mendayung lebih keras akan membantu mencegah mereka melemparkan Anda ke arum jeram tersebut.

 

3. Bersiaplah dan Nikmati Suasana

Bahkan dengan teknik dan menggunakan jasa pemandu terbaik, Anda mungkin menemukan diri Anda di dalam air dan memang akan basah oleh aliran air. Pemandu Anda akan memberi tahu Anda bahkan sebelum Anda mencapai jalan cepat mana Anda ingin berenang jika jatuh terlalu jauh dari rakit. Setelah Anda berada di air, orientasikan diri Anda dan cari petunjuk dari pemandu Anda. Dia tidak akan mengarahkan Anda ke dalam bahaya tentunya.

Berenanglah dengan baik jika Anda bisa, dan jika Anda bukan perenang yang kuat atau tidak bisa berenang, biarkan pemandu Anda tahu sebelum Anda mulai melakukan kegiatan rafting tersebut. Yang paling penting adalah untuk selalu menjaga kaki Anda, karena Anda dapat dengan mudah membuat kaki anda sendiri terperangkap oleh batu di sepanjang dasar sungai elo.

Ketika Anda mengendarai sungai elo, pastikan untuk secara teratur mengencangkan alat pelampung pribadi. Kadang-kadang disebut “jaket pelampung,” tetapi itu bisa sedikit menyulitkan, karena itu tidak selalu merupakan ukuran keamanan yang pasti. Air dapat melonggarkan tali pengikat Anda, jadi selalu memberi mereka tarikan sesekali adalah hal yang dianjurkan.

4. Dayung Bersama Jaga kekompakan Tim

Dalam rakit 8 atau lebih pendayung, Anda sendiri tidak bisa bergerak dan ini memang masalah kerjasama tim loh. Anda ingin menarik pukulan dayung yang kuat, tetapi setengah perahu membelai keras tidak akan seefektif tim 8 bekerja dengan lancar mendayung secara serempak. Saling mengawasi agar tetap sinkron. Semua orang yang ada di belakang: ikuti jejak mereka dan pahami irama dayung teman anda.

Nikmati Pesona 5 Tempat Wisata Pantai Dekat Malioboro Ini, Yuk!

Pantai memang tak pernah lelah menjadi tempat yang bisa membuat semua orang terpesona, melepas penat den menjadi tepat rekreasi yang menyenangkan. Nah, jika kamu berada di Jogja dan sedang menikmati berbelanja di sepanjang Malioboro, maka berikut kami akan merekomendasikan paket wisata Jogja yang akan menampilkan keindahan dan keseruan yang bisa didapat dari mengunjungi 5 tempat wisata pantai dekat Malioboro berikut ini:

5 Tempat Wisata Pantai Dekat Malioboro

pantai dekat malioboro
pantai dekat malioboro

1. Pantai Samas

Berada di Srigading, ini merupakan salah satu pantai yang berada tak jauh dari kawasan Malioboro yang bisa dikunjungi traveller setelah asyik berbelanja atau hanya memuaskan nafsu makan dnegan berwisata kuliner di Malioboro. Pantai ini juga merupakan salah satu pantai yang ramai dikunjungi karena memang di kawasan Bantul ini merupakan salah satu pantai Favorit wisatawan.

Ini merupakan tempat dimana orang sering melakukan ritual upacara sedekah laut yang juga menjadi daerah yang akan mebudidayakan penyu laut dan ikan laut. Angin dan ombak yang ada dipantai ini tergolong cukup aktif dan besar. Maka ini merupakan olahraga yang tepat jika ingin berselancar dan anda bisa juga menyaksikan penyu-penyu yang menetas diantara gundukan pasir dimana telur-telur penyu dibenamkan oleh induknya.

2. Pantai Glagah

Salah satu tempat wisata pantai dekat malioboro cocok dimasukkan ke pesanan paket wisata jogja anda yang tak kalah pesonanya dari pantai samas adalah pantai Glagah. Berlokasi di Glagah Kulon Progo pantai ini memang memiliki keindahan yang tidak bisa diremehkan. Ini merupakan salah satu paket wisata jogja yang akan selalu ada dalam daftar beberapa pemandu wosata yang memandu para pengunujung atau traveller Jogja.

3. Pantai Wedi Ombo

Berlokasi di daerah Gunung Kidul, ini merupakan tujuan wisata pantai selanjutnya yang mudah diakses dan berada tak jauh dari kawasan Malioboro, Jogja. Anda bisa menikmati keindahan dari jejeran gugusan tebing yang ada di pantai ini dan merupakan salah satu keindahan yang ditawarkan oleh pesona pantai Wedi Ombo.

4. Pantai Kuwaru

Pantai yang ada di Kawasan Bantul ini layak dikunjungi ketika anda berada di dekat Malioboro. Nad bisa menemukan beragam fasilitas di pantai Kurawu ini seperti : Kereta mini, Kolam renang, ATV, dan bahkan ada fasilitas mandi bola serta beragam fasilitas pantai menarik lainnya yang disajikan untuk para pengunjung beserta rombongan wisata.

Deretan pohon cemara yang menambah indah dan mepercantik pesona pantai ini juga dilengkapi dnegan banyaknya penjual yang akan menawarkan beragam oleh-oleh serta penjaja wisata kuliner yang sangat mudah didapatkan dikawasan pantai yang satu ini.

5. Pantai Sundak

Keindahan dari pantai sundak tidaka akn kalah jika dibandingkan dengan kie 4 pantai yang sudah sebelumnya dibahas dan dijabarkan diatas walaupun pantai yang satu ini hanya memiliki bibir pantai yang sebenarnya tidak terlalu panjang. Pesona paasir pantai yang masih bersih dan memutih menjadi salah satu yang bisa memikat wisatawan untuk bermain dan bersantai di tepian pantai yang satu ini.

Hanya saja di pantai ini pengunjung tidak dianjurkan untuk berenang ke tengah pantai. Ini dikarenakan aktifitas ombak yang aktif dan besar. Sangat dikhawatirkan adanya korban yang tenggelam. Jadi cukup dengan menikmatibibir pantai, berjemur dan bermain pasir serta mengagumi keindahan air pantai yang lumayan jernih tersebut.

Nah, demikianlah tempat wisata pantai yang dekat Malioboro yang bisa anda kunjungi dan menjadi daftar kunjungan selanjutnya setelah puas menjelajahi Malioboro. Selamat berwisata bersama keluarga tercinta!

Tips Penting Sebelum Anda Sewa Bus di Jogja

Bus menjadi salah satu akomodasi yang banyak dipilih ketika liburan tiba. Terlebih bagi mereka yang bepergian secara kelompok, maka penyewaan bus banyak dijadikan sebagai transportasi alternatif. Penggunaan bus tentunya dapat memuat lebih banyak orang dibandingkan dengan mobil. Namun sebelum penyewaan, tidak ada salahnya jika anda simak tips sewa bus di Jogja yang berikut ini.

Tips Penting Sewa Bus di Jogja

1. Jenis bus

Dengan banyaknya agen bus di Jogja, maka memilih agen terpercaya dan berkualitas adalah keharusan. Agen bus sendiri umumnya menyewakan bus dengan jenis yang beragam. Anda tinggal pilih bus mana yang sekiranya cocok menemani anda beserta kelompok untuk jalan-jalan.

Carilah bus yang mampu menampung semua peserta traveling dengan menentukan ukuran bus berikut dengan kursi di didalamnya. Anda dapat memesan bus dengan kapasitas mulai dari 10 hingga 54 orang di dalamnya.

Selain itu pastikan jika jalan yang hendak dicapai bukanlah jalan sempit dimana bus tidak bisa masuk. Jikapun pergi ke tempat terpencil dengan jalan yang sempit, anda bisa menyesuaikannya dengan menyewa jenis bus dengan ukuran yag kecil. Beda ukuran bus tentu beda pula harga sewanya.

sewa bus jogja
sewa bus jogja

2. Fasilitas

Di dalam bus umumnya terdapat fasilitas penunjang untuk mempernyaman perjalanan seperti TV, DVD Player, Music, Toilet, set karaoke dan lain-lain. Anda tinggal sesuaikan sendiri fasilitas serta budget yang dimiliki.

Jangan sampai anda mengeluarkan harga ekstra untuk fasilitas sewa bus jogja yang minim. Untuk menghindari ini, anda dapat melakukan survey antara satu agen dengan agen yang lain. Bandingkan harganya dan pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda beserta kelompok.

3. Waktu pemesanan yang tepat

Penyewaan bus banyak dilakukan ketika hari libur sekolah atau hari-hari besar tiba. Pada saat itu, akan sulit bagi anda untuk menemukan agen sewa dengan harga yang terjangkau. Hal ini terjadi karena banyak agen sewa bus menaikkan tarif mereka.

Agar tidak kehabisan dan dapat sewa dengan harga yang terjangkau, disarankan anda untuk melakukan pemesanan jauh sebelum hari H. Carilah waktu yang aman supaya rencana jalan-jalan anda dengan teman tidak berantakan akibat kehabisan sewa bus.

4. Reservasi

Untuk melakukan pemesanan, anda bisa secara langsung datang ke lokasi agen berada atau bisa pula melalui telepon. Carilah kontak perusahaan melalui situs resmi agen atau dengan bertanya pada orang yang telah berpengalaman.

Beberapa hal yang mungkin akan ditanyakan ketika melakukan reservasi antara lain adalah kapan pemakaian bus dilakukan, sampai kapan dan berapa jumlah penumpang yang akan ikut.

Anda juga akan ditanyai seputar tujuan wisata anda, apakah ke dalam atau keluar kota. Untuk durasi waktu, anda akan ditanyai seberapa lama anda melakukan penyewaan. Apakah sehari, setengah hari atau berhari-hari. Beda durasi pemakaian tentu berbeda pula harga yang harus anda bayarkan.

5. Pembayaran

Langkah pembayaran dapat dilakukan jika persetujuan pemesanan telah dilakukan. Anda disarankan untuk melakukan DP atau Down payment biasanya 3 hari setelah pemesanan. Adapun DP yang harus diberikan cukup beragam, tergantung dengan kebijakan dari agen bus itu sendiri.

Untuk lebih amannya, anda bisa melakukan pembayaran keseluruhan 5 hari sebelum anda dan kelompok memulai keberangkatan.

Ada banyak lokasi sewa bus Jogja yang tentunya dapat anda sesuaikan dengan budget serta kebutuhan anda. Carilah agen Bus yang terpercaya dan terjamin kualitasnya. Jangan sampai acara berwisata anda terganggu dengan perjalanan yang kurang menyenangkan akibat salah pilih bus.